PERENCANAAN MODIFIKASI
Mesin
Honda GL – Series, bahkan kelahirannya sudah dimulai sebelum saya dan
crew di Prosetan Speed lahir, dimulai dari CB series, hingga tiger
yang awet sampai sekarang gak berubah-berubah. Mesin
tipe ini bandel, bisa saling swap antar part untuk merekondisi atau
meningkatkan performa. Sudah jamak diketahui kruk as tiger adalah part
penyihir untuk meningkatkan performa yang bisa dipasang di CB, GL Max,
GL Pro, Megapro, dan Tiger itu sendiri. Bahkan terakhir seringkali para tuner mengaplikasikannya ke crankcase suzuki Satria FU 150 untuk mendongkrak torsi FU.
Lantas,
berapa harga kruk as tiger ? Tengok di kaskus harga kruk as tiger revo
bekas aja sudah berkisar di 1,5 jt… itu baru kruk as aja… lha seandainya
kita punya motor GL max, ingin jadi 200 cc bagaimana om ?
- lihat
dulu spec awal GL Max, diameter piston cuma 56.5mm , langkah kruk as ,
49,5mm, kalau ditotal cc nya cuma ketemu 125 cc. Seandainya kita swap
dengan kruk as tiger, 1,5 JT ditebus, sebelum dipasang kita ukur cc nya
di komputer ketemu diameter piston 56,5mm x stroke 62,2mm, ketemu cuma
155,94 cc.. LHA yang 45 cc lagi ikut siapa supaya jadi 200 cc… ???
Berarti kita juga harus menebus piston standard honda tiger, keluar duit
lagi. Belum nanti karena langkah memanjang harus beli baut tanam tiger,
rantai keteng dan gir timing tiger, belum penyesuaian magnit yang
sesuai dengan as kiri tiger, wadew2… bau-bau banyak duit bisa nembus
hampir 2x lipat harga kruk as nya buat upgrade ke 200cc “saja”…
Kenapa
kok pakai kata “saja” ? Ya karena , diameter klep gl max yang cuma
27/23 tidak mumpuni mensuplai isi silinder sekarang, wajib diganti,
porting belum disesuaikan, noken as wajib menyesuaikan ulang, menata
ulang kompresi dengan benar, menata titik nyala ledak pengapian,
karburator selayaknya ganti, karena dengan kapasitas 200cc, minimal
memakai karburator venturi 28mm atau idealnya memakai 31 milimeter,
knalpot juga wajib disesuaikan dong....
Bingung ga bisa modifikasi? Cara pintas, beli head set tiger lengkap isi…walah,,, kalau kaya gitu modifnya, enak bengkelnya tinggal pasang ae. Ga ada serunya. Keluar duit banyak bau-bau nya malahan… hehehe…
Lantas gimana dengan nasib kamu yang kantongnya cekak ??
MURMERCENG
Solusi
modifikasi murah – meriah – kencang masih ada di sini , andalkan stroke
up : Mengapa stroke up lebih baik dari memasang pin stroker, karena
langsung menggeser big end, bukan memasang 3 patahan pin yang dileburkan
kembali. Keuntungan memilik stroke yang panjang adalah, kita bisa
mendapatkan kapasitas mesin lebih besar di motor kita , pula, kehandalan
torsi yang melimpah utamanya di putaran bawah dan menengah. Stroke yang
panjang meningkatkan piston speed, oleh karenanya menjadikan mesin long
stroke bukan karakter putaran tinggi, lebih enak dikendarai, gas
seperempat aja langsung ngacir gak perlu gas pol. Cocok untuk harian,
lantas untuk mengejar top speed bagaimana? Ya gir nya aja di atur ulang ,
beres toh
Stroke
standard GL yang tadinya 49,5mm dalam beberapa hari bisa disulap jadi
62,5 milimeter atau mau lebih hingga 68 milimeter?? WOW! Bisa! Dananya…
Lebih hemat hingga 70 % lebih dari beli kruk as tiger .CIAMIK SAM!!!!
Pilihan
mengerjakan mesin rapih tapi murah adalah prinsip, mengandalkan blok
cylinder honda tiger cukup dari merk MPM, melengserkan blok standard GL,
sehingga kita tidak perlu menambahkan paking alumunium yang mencolok.
Dengan digamit piston Tiger merk NPP justru lebih handal dan murah
karena banyak pilihannya hingga oversaiz 300 hahahaha… dana untuk beli
block cylinder standard tiger dan piston tiger yang AHM bisa dihemat
hampir separuhnya, lha, sisanya bisa buat nyumbang fakir miskin, yatim
piatu, masih sisa juga? Boleh lah dibuat pijet… wkwkwkwk . hush..
Mengkonsep diameter piston dan langkah adalah faktor penting untuk menentukan porting dan klep. Diameter
klep untuk harian / turing biasanya bisa memaki 50 % dari diameter
piston, jika kita pakai piston tiger os, 100 ,misal , diameter 64,5mm
maka diameter klep nya bisa memakai 32 milimeter untuk inlet, daripada
ribet cari klep 32, mending pake klep honda tiger yang Aspira , sudah
ringan – kuat – murah pula. Jasa rubah head nya, yang pasti lebih murah
daripada beli head tiger, hampir selisih 50 %.
MENINGKATKAN PERFORMA
Utamanya
kompresi, pemilihan bahan bakar adalah pertanyaan pertama, ketika
memakai premium, maka kepadatan ruang bakar tidak boleh melebihi ambang
11 : 1. Kompresi semakin padat, riskan detonasi, sehingga
membutuhkan nilai oktan bahan-bakar lebih tinggi pula. Jangan memaksakan
kompresi tinggi dengan bahan-bakar oktan rendah, disamping itu,
kapasitas mesin kita sekarang sudah 200 cc lebih, bukan lagi 125 cc,
kita tidak perlu kompresi besar untuk menghasilkan tenaga! Kuncian motor
standard dari pabrikan bisa awet adalah : RASIO KOMPRESI RENDAH!
Lihatlah rata-rata hanya mematok di angka 9 : 1, maka pilihan 10 : 1
dirasa cukup bijak, bukan?!
Untuk
diamter piston 64,5mm dan stroke 62,5mm, kita ingin puncak tenaga tidak
begitu tinggi di 9,000 RPM saja, lantas di limit di 11,000 RPM, supaya
mesin tetap efisien dipakai harian. Maka dimasukkan ke rumus
porting velocity yang ada di buku modul porting , ketemu besaran angka
28,5 milimeter. Kemudian di kiri kanan bushing klep memakai perbandingan
110 % dari diameter klep in. Untuk porting buang di haluskan dan
dipolished untuk memperlancar gas keluar.
Suplay
bahan bakar diatur dari karburator keihin PE 28 milimeter, buatan
thailand itu lebih murah ketimbang kita harus beli PWK 28 milimeter,
wong ya sama-sama venturi 28 milimeter kok harganya beda jauh, padahal
performa ya cuma selisih 11 -12. Hedew… Kalau kalian
benar-benar lagi sengsara, bisa memakai karbu milik ninja dari merk
Lippo saja, sudah lumayan lah untuk harian enak … Pokok larinya ga malu-maluin lawan tiger atau scorpio .
Noken
as, ini kuncian penting nya, di modul noken as menjelaskan , range lift
valve untuk motor harian di kisaran 23 % dari diameter klep in, jika
klep in berukuran 31,5mm, maka valve lift yang diperbolehkan adalah
dikisaran 7.2 milimeter. Dibagi dengan rasio rocker arm, ketemu di noken
as lift sekitar 6,5 milimeter. Maka alangkah bijak jika lift noken as
cukup dipapas 0,7 milimeter, ga sampai 1 milimeter. Apa fungsinya lift
ditinggikan ? Supaya suplay bahan bakar saat putaran atas lebih bagus
dalam menghasilkan tenaga. Lantas kenapa tidak sekalian dipapas 2
milimeter? Ingat konsep dan tujuannya untuk harian, dengan lift yang
tidak terlalu tinggi kita tidak menyiksa pir klep , rocker arm, bushing
klep, seating klep dan payung klep itu sendiri. Karena lift semakin
tinggi klep akan semakin terhempas dan terbanting lebih keras!! Kalau
buat balap ? Wajib hukumnya aplikasi lift tinggi, namun dengan catatan
kesemua rangkaian penghubung noken as hingga menuju klep harus di
perkokoh. Masuk akal bukan?!
CDI
bisa banyak pilihan, apapun itu, intinya cuma 1 , jangan terpancing
dengan kata-kata yang beraroma “RACING” untuk motor harianmu, karena
motormu memang bukan motor balap!!! Dan kamu tidak akan butuh
tenaga layaknya motor balap yang begitu besar hingga tidak bisa kamu
kendalikan, POWER WITHOUT CONTROL MEANS NOTHING! Cdi Honda Grand, untuk
tipe pengapian AC bisa diandalkan, atau cdi suzuki shogun 110, untuk
pengapian DC sungguh istimewa. Koil bisa mengaplikasikan milik Yamaha
Scorpio. Tidak perlu pakai koil YZ.
Knalpot
beli yang imitasi aja 150rb an saja, lantas bawa ke tukang las knalpot
yang sudah handal dan terpercaya untuk sedikit membobok knalpotnya ,
sehingga suara tetap halus, namun gas buang mampu terlepas sempurna!!
Modifan
begini hasilnya gimana sih, dengan dana minim… mau berharap kaya apa?
jangan salah, mungkin kita bisa melibas scorpio korekan sekalipun,
hahaha… asalkan scorpio nya agak salah korek kali ya :p
Intinya kita bisa enjoy dengan mesin kita, dan hasil modifan itu sendiri nantinya tidak akan menyusahkan kita…
http://prosetanspeed.blogspot.com/
http://prosetanspeed.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar