Honda
C70 Modifikasi Street Cub 70 Bodinya hampir semua sudah dirombak.
Sebagai panduan modifikasi, berikut dikasih tahu cara bikinnya.
Standarnya Honda C70 modifikasi
motor mungil yang simpel bentuknya. Tapi, oleh pemilik motor,
kaki-kakinya dirombak jadi lebih besar. Hanya setang dan jok yang
terlihat mungil.
Ban
belakang yang lebarnya 130 mm tentu saja enggak bisa diapit arm standar
C70 yang mungil. Oleh Dana, mekanik dari SuedCrew di Jl. Manunggal Jaya
No. 40, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, arm standar digusur dan diganti
punya Honda Mega Pro. Baut as pun diperbesar hingga 12mm demi keamanan roda berputar.
Untuk menyesuaikan dengan ban belakang pada Honda
C70 yang sudah lebar, sepatbor belakang standar dipotong disisakan
sedikit. Lalu ditambah pelat dan dilebarkan menyesuaikan ukuran ban.
Dengan begitu, sepatbor terlihat sedikit nungging. Menambah semok
tampilan belakang.

Sokbreker
belakang variasi dibiarkan tegak lurus. Pemasangnya cukup hanya dengan
memanfaatkan dudukan standar di arm dan bodi atas. Cara nemplokin roda
depan pun tidak kalah rumit. Agar ban depan yang lebarnya sudah 80mm
bisa masuk, jarak sok kanan dan kiri yang aslinya sempit, sedikit
dilebarkan. Proses pelebaran jarak sok ini membutuhkan bantuan pelat
tebal yang diakali dari segitiganya.
Tapi,
dengan penambahan besi itu, gagang sok bagian atas jadi enggak bisa
merapat. Agar terlihat rapi, di bagian luarnya dipasang semacam dasi
dari pelat lebar untuk menutupi sela di bawah setang. Bagian setang dan
handel diambil dari punya sepeda fixie merek Nitto. Cuma untuk di C70
ini setang sedikit dipendekin lagi untuk mendapatkan kesan simpel dan
tentunya juga minimalis.

Tidak
ada rumah sakelar yang nempel di setang. Tombol dibuatkan dudukan
sendiri. Dudukan dibikin kecil agar setang terlihat bersih. Beberapa
kabel dimasukkan ke dalam batang kemudi. Hanya kabel rem yang sedikit
terlihat. Kabel rem juga dimasukkan melalui lubang dudukan setang.
Agar
setang bisa nemplok sempurna, dibuatkan dudukan dari pelat besi setebal
2mm. Untuk mengikat setang agar tidak bergerak saat dipakai riding,
juga sudah dibuatkan pegangan setang dengan 2 baut yang ada di kanan dan
kiri.
Soal
mesin, empunya motor enggak mau standar. Walaupun hanya dipakai
jalan-jalan santai, agar lebih nyaman engine lawas C70 digusur. Gantinya
pakai punya Honda
Supra. "Pakai mesin Supra tinggal plek. Karena keduanya memang mirip.
Cuma blok C70 dipertahankan standar," terang pria yang tinggal di
Pulomas, Jakarta Timur.
Terakhir
warna cat bodi yang dipilih oranye. "Lebih kelihatan segar aja.
Kebetulan satu Piaggio saya warnanya oranye juga. Sekalian aja
disamain," jelas pengusaha supermarket ini- info fotomodif motor.
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 80/70-17
Ban belakang : Battlax 130/70-17
Pelek : Champ
Jok : Custom
SuedCrew : 0818-75-2860
Tidak ada komentar:
Posting Komentar