Minggu, 08 September 2013

Modif RoundTank Custom (Bandung)

RoundTank Custom



Besutan roundtank bisa dibilang transisi antara sepeda goes dengan sepeda bermesin yang jadi cikal bakal munculnya sepeda motor. Makanya pada kuda besi ini rangka yang diaplikasi masih mengandalkan sasis yang beserta kelengkapannya mirip sepeda onthel.



Seperti roundtank replika garapan Yaya ini, mengandalkan mesin genset Thimbris yang disulap jadi kendaraan roda dua. “Sedangkan rangka dan bodi serupa dengan motor roundtank pada zamannya atau sekitar tahun 1900-an,” jelas modifikator spesialis roundtank yang tinggal di Bandung Selatan ini. 

Desain asli raundtank memang sengaja dipertahankan Yaya. Seperti model rangka belakang rigid dan yang depan mengandalkan fork model cangkrang. “Biar nyaman aplikasi link suspensi depan milik Honda C70, jadi fork depan masih main,” lanjut Yaya lagi.


Untuk areal teromol depan dan belakang diambil dari Honda Grand. Cuma teromol belakang sedikit dimodifikasi lantaran untuk keperluan model roundtank, gir juga harus dicustom. Sedangkan pelek aplikasi lingkar roda 26 inci yang biasa diaplikasi sepeda jengki. 


“Kaki-kaki sengaja dibuat ringan untuk meredam bobot roundtank lantaran dapur pacu hanya berkapasitas 100cc, Kalau bodi terlalu berat malah enggak lari,” lanjut mekanik yang tampilannya selalu memelihara jenggot ini. 


Untuk kelengkapan bodi, seluruhnya dicopy dari roundtank asli, seperti tangki model persegi yang posisinya diselipkan di antara rangka tengah. Untuk sepatbor dibentuk meyerupai sepeda onthel.


Sedangkan buat bagian head lamp oleh Yaya cashingnya dibentuk layaknya lampu karbit. "Rumah lampunya dibentuk model klasik, cuma mika lampu di kawinkan dengan ring lampu dan mika Honda C70," ujarnya.

Paling sip, gir penerus daya dari sproket depan ke gir belakang. Bagian itu  masih dilengkapi dengan pedal layaknya sepeda. “Jadi, setiap saat roundtank ini bisa beralih fungsi sebagai sepeda goes,” lanjut Yaya yang tinggal memindahkan baut pengunci gir bagian depan agar pedal bisa digoes. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar